You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Nelelamadike
Desa Nelelamadike

Kec. Ile Boleng, Kab. Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Selamat datang di Website Desa Nelelamadike,  Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Semoga media informasi dan komunikasi ini dapat bermanfaat untuk kemajuan desa.  Mari kerja bersama demi kemajuan desa, dalam bingkai Desa Membangun-Kota Menata untuk Nelelamadike yang lebih baik.

Tokoh Adat dan Pemerintah Desa Nobo Menyerahkan Lahan Pengadaan Sumur Bor Bagi Masy. Nelelamadike

Administrator 14 Oktober 2022 Dibaca 184 Kali
Tokoh Adat dan Pemerintah Desa Nobo Menyerahkan Lahan Pengadaan Sumur Bor Bagi Masy. Nelelamadike

TOKOH ADAT DAN PEMERINTAH DESA NOBO

MENYERAHKAN LAHAN UNTUK LOKASI PENGADAAN SUMUR BOR

BAGI MASYARAKAT DESA NELELAMADIKE

 

Upaya Pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat desa Nelelamadike Pasca Badai Seroja

04 April 2021 terus diperjuangkan melalui SATGAS Penanggulangan Bencana Nasional, maka Balai Air Tanah Baku Kementrian PUPR Propinsi Nusa Tenggara Timur telah menganggarkan sejumlah dana untuk pengadaan sumur bor dan fasiltas penunjang lainnya. Peluang ini memberikan harapan untuk dapat mengatasi kesulitan kebutuhan air bersih bagi masyarakat desa Nelelamadike pada umumnya dan khusunya warga penghuni pemukiman baru di relokasi Nelelamadike. Karena sulitnya mendapatkan lokasi di Nelelamadike untuk pengadaan sumur bor dimaksud, maka pada hari kamis, 13 Oktober 2022 bertempat di kantor Desa Nobo telah diselenggarakan rapat kerja sama antara Pemerintah Desa Nelelamadike bersama Pemerintah Desa dan tokoh adat serta warga Desa Nobo.

            Rapat kerja tersebut berlangsung dalam semangat kekeluargaan yang terbingkai dalam Rahim budaya adat Lamaholot, sehingga nuansa dan suasana pertemuan begitu akrab dan komunikatif.

Dinamika dalam dialog dan diskusi interaktif dengan berbagai pandangan dan pikiran yang berkembang menghasilkan keputusan dan kesepakatan antara lain : 

  1. Secara ikhlas Tokoh Adat dan Pemerintah Desa Nobo menyerahkan lahan yang ada di wilayah administratif Nobo untuk dibangun sumur bor bagi warga Desa Nelelamadike
  2. Pemilik lahan atas nama Bapak Lam menyatakan dengan ikhlas tanpa menuntut ganti rugi, untuk menyerahkan lahannya bagi pembangunan sumur bor.
  3. Pelaksanaan upacara seremonial adat sebagai tahap awal pembangunan sumur bor akan dilaksanakan oleh pemangku kepentingan yakni Tokoh Adat Lewo Nobo akan dijalankan dalam minggu ini
  4. Perjanjian kerjasama antar kedua Desa tentang pengelolaan dan pemanfaatan air bersih akan diatur oleh Pemerintah Desa Nelelamadike dan Desa Nobo

Pada penghujung pertemuan ini kepada Kepala Desa Nelelamadike Pius Pedang Melai menghaturkan hormat dan terima kasih berlimpah kepada Tokoh Adat, Mehen Bele Lewo Nobo, Pemerintah Desa Nobo, pemilik lahan dan segenap warga Desa Nobo yang secara tulus ikhlas menyerahkan lahan untuk pembangunan sumur bor bagi Desa Nelelamadike, semoga program kemanusiaan ini dapat berjalan sukses dan membuahkan hasil bagi kedua Desa ini.

Demikian kabar dari Lewo Tanah Lamanele, Desa Nelelamadike

                                                           

                                                                                                Nobo, 13 Oktober 2022

 

                                                                                                Pemberita,

                                                                                                Maria Angelina Solot Sira

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image