Selamat datang di Website Desa Nelelamadike,  Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Semoga media informasi dan komunikasi ini dapat bermanfaat untuk kemajuan desa.  Mari kerja bersama demi kemajuan desa, dalam bingkai Desa Membangun-Kota Menata untuk Nelelamadike yang lebih baik.

Artikel

OMK-KARANG TARUNA “AMAL” DESA NELELAMADIKE, HARAPAN DAN KENYATAAN

08 Maret 2019 19:46:58  Administrator  760 Kali Dibaca  Berita Desa

PENDAHULUAN

Siapa Orang Muda Katolik Itu?

Kalau bicara tentang orang muda, yang terlintas di benak kita adalah sekelompok orang  atau anggota masyarakat yang berusia 15 tahun sampai sekitar 25 tahun dengan ciri-ciri sifat tersendiri yang kadang kontroversial. Mereka,orang muda ini, berada pada masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa, yang berarti juga perubahan dari masa tergantung ke masa pertanggung jawaban penuh. Dapat juga dikatakan terjadinya perubahan dari keasyikan pada diri sendiri menuju keterlibatan sosial (bersama orang lain) sebagai bagian dari kesadaran menuju realitas sosial (kedewasaan diri).

Namun, di sisi lain, mereka dipandang sebagai penanggung jawab masa depan kehidupan ini. Harapan besar ditumpukkan pada bahu mereka bahkan dengan ungkapan yang terdengar berlebihan seperti: penerus cita-cita bangsa, pelopor pembaharuan dan sebagainya. Nilai-nilai dahulu atau saat ini yang diterima dan dianggap benar atau paling tepat bisa jadi akan digugat dan diganti dengan nilai yang mereka anggap lebih berarti/relevan pada kehidupan masa datang. Karenanya seringkali kegiatan dan sepak terjang mereka untuk pencarian diri/nilai itu dipandang dengan ketidak mengertian oleh anggota masyarakat lainnya. Perilaku mereka itu sesungguhnya lebih mudah dipahami kalau terlebih dahulu dilihat dalam konteks masyarakat di mana mereka berada, yaitu masyarakat Indonesia secara umum dan umat katolik Indonesia.

Pertanyaan seberapa jauh kita mengenal kaum muda muncul setiap kali terjadi kesalahpahaman dan ketidak mengertian sepak terjang mereka.Pembinaan hidup rohani dan mental mereka haruslah dimulai dengan menjawab pertanyaan mendasar. Upaya untuk membina orang muda terlebih dalam hidup beragama adalah hal yang mulia. Sayangnya kemauan yang baik belum tentu membuahkan hasil yang baik. Diperlukan langkah-langkah yang baik pula untuk mewujudkannya. Memahami orang mudah adalah langkah awal dalam upaya pembinaan hidup beragama mereka.

Bagaimana Fungsi Orang Muda Katolik Dalam Hidup Menggereja

Orang muda merupakan generasi penerus bagi Gereja, dalam membawa banyak orang semakin mengenal dan mengalami ajaran-Nya serta menjadi anggota keluarga Allah. Kaum muda merupakan mutiara yang sangat berharga karena ditangan merekalah Gereja dimasa mendatang, Gereja yang membawa kedamaian bagi setiap orang.

Lalu bagaimana fungsi orang muda katolik dalam hidup menggerja, diatas sudah kita singgung gambaran fungsi orang muda, tapi bagaiman fungsi orang muda yang sepenuhnya dalam Gereja? Dalam dokumen dibawah ini mencoba menekankan beberapa hal yang harus dipegang kita sebagai orang muda katolik; yang pertama, kita harus mengalami sendiri akan cinta Allah terhadap kita melalui Kitab Suci. Dan yang kedua adalah melalui Liturgi dan doa-doa.

Karang Taruna Desa Nelelamadike

Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan yang merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda desa Nelelamadike.

Sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna Desa Nelelamadike merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. dan sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna Desa Nelelamadike berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari tingkat dusun sampai pada tingkat desa. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

Karang Taruna Desa Nelelamadike didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian. Diatur dalam AD/ART Karang Taruna Desa Nelelamadike adalah bagian dari anggota Orang Muda Katolik yang tergabung satu kesatuan anggota. Perbedaannya pada nama tetapi muatan anggotanya satu.

Karang Taruna Desa Nelelamadike merupakan harapan pemimpin masa depan demi kemajuan pembangunan ekonomi, politik dan sosial budaya dan kemasyarakatan di Desa, Lewo tana tercinta. Namun masih banyak kelemahan yang harus dipersiapkan dimana perlu adanya Regenerasi berencana, artinya proses regenerasi ini sungguh-sungguh direncanakan, dipersiapkan. Pada masyarakat, suku-suku yang masih kaku dengan kearifan lokal, proses regenerasi bukan dihilangkan tetapi menyederhanakan untuk kemudahan-kemudahan dalam hidup sosial budaya lamaholot. Oleh karena itu system regenerasi seperti ini lebih tepat disebut regenerasi Kaderisasi. Pada hakikatnya system regenerasi-kaderisasi adalah proses tempat para kader pimpinan para kaum muda digembleng serta dipersiapkan sebagai pimpinan pada generasi berikutnya. Menggantikan generasi tua. Regenerasi-kaderisasi kaum muda diperlukan untuk dipertahankan kelangsungan eksistensinya serta kesinambungan suatu generasi atau bangsa, disamping dihadapkan terjaminnya kelestarian nilai-nilai budaya nenek moyang.

Selain itu, Karang Taruna Desa Nelelamadike dengan antusias merencanakan dan melaksanakan kegiatan bidang Kerohanian yakni RETRET OMK-Karang Taruna AMAL Desa Nelelamadike.

Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Karunia-Nya karena rencana kegiatan Retret ini dapat dilaksanakan. Hal ini juga tidak terlepas dari dukungan positif segenap OMK-Karang Taruna AMAL, serta bantuan dari pihak-pihak lain.

Sesuai harapan dilaksanakan kegiatan ini, agar orang muda lebih bisa bertindak sesuai dengan hati nurani dan mempunyai iman yang lebih dalam lagi terhadap Kristus untuk menjalani kehidupan ini. Membenah kembali iman Katolik khususnya iman OMK-Karang Taruna AMAL dengan berkaca pada Bunda Maria sebagai figur iman Katolik yang sejati. Kali ini orang muda katolik amal merajut dalam tema retret ”PAI PUPU TAAN TOU SOGA KRISTUS NARAN dengan Jiwa yang Muda Penuh Aksi Kasih Dan Kreatifitas”.

Harapan bahwa tema ini bisa memberi kesadaran kepada kaum muda memupuk rasa persatuan dan persaudaraan untuk mengangkat dan memuliakan nama Kristus. Bisa terlihat apabila ketika para peserta dan panitia retret mengikuti dengan serius setiap materi yang disajikan selam kegiatan tersebut. Semoga output kegiatan retret ini dapat membawa OMK-Karang Taruna AMAL kepada kehidupan Katolik yang sejati.

TUJUAN

  1. Agar OMK-Karang Taruna AMAL lebih bisa peka terhadap realitas saat ini.
  2. Meningkatkan semangat Kristianitas dengan rasa kebersamaan untuk mewujudkan ikatan emosional
  3. Agar OMK-Karang Taruna AMAL lebih bisa bertindak sesuai dengan hati nurani dan mempunyai iman yang lebih dalam lagi terhadap Kristus untuk menjalani kehidupan ini.
  4. Agar OMK-Karang Taruna AMAL dapat memeriksa batin atau intropeksi diri sehingga menjadi pribadi yang lebih baik yang bisa berdaya guna bagi sesame, Lewotana pada khususnya dan bangsa pada umumnya.
  5. Memupuk rasa persaudaraan dan solidaritas antar sesama anggota OMK-Karang Taruna AMAL pada khususnya dan sama sudara/i pada umumnya.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

            Hari                 : Sabtu - Minggu

            Tanggal          : 02 - 03 Februari 2019

            Tempat           : Balai Pertemuan Desa Nelelamadike

PELAKSANA KEGIATAN

Pelaksana kegiatan ini  adalah ORANG MUDA KATOLIK (OMK)-KARANG TARUNA AMAL DESA NELELAMADIKE

PANITIA PENYELENGGARA

            Terlampir I

SUSUNAN JADWAL KEGIATAN

            Terlampir II

ESTIMASI ANGGARAN

            Terlampir III

PENUTUP  

Ahkir kata kami atas nama Panitia Retret mengucapkan terima kasih kepada Pastor Paroki Sta. Bernadeth Soubirous Pukaone bersama pastor rekan sekaligus Narasumber Retret, Pemateri I, II (RD. Hendrikus Raya Kleden), Pemateri III, IV (Bp. Michael Boro Bebe, S.Ag), Pemateri V (BHABINKAMTIBMAS Pol. Yulius Duli Kabi), Pa Felix Frans (Penyuluh Agama Katolik) telah mengisi acara Outband, lembaga Pemerintah Desa Nelelamadike dan BPD serta Tokoh adat, Tokoh mayarakt dan rekan OMK-Karang Taruna AMAL dan semua pihak yang telah memberikan bantuan dan kerjasamanya baik langsung maupun tidak langsung dalam mensukseskan kegiatan Retret ini. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa, Leluhur dan Lewo Tana senantiasa memberkati dan membimbing setiap karya hidup kita. Amin

Lembar Pengesahan

Panitia Retret

Hormat kami

Ketua Panitia

                                    ttd

BERNARDUS SILI BOLEN

Sekretaris

ttd

LUKAS TULI AMA

                                                                                                                                  Mengetahui

                                                                                                                 Ketua Karang Taruna AMAL,

                                                                                                                                              ttd

                                                                                                                      PETRUS KOPONG MAMU

Lampiran I                                                                                                                                    

Susunan Kepanitiaan

 

 

 

 

Penanggung Jawab

:

KEPALA DESA NELELAMADIKE

KETUA BPD NELELAMADIKE

PETRUS KOPONG MAMU

 

 

 

Ketua Panitia

:

BERNARDUS SILI BOLEN

 

Sekretaris

:

LUKAS TULI AMA

 

Bendahara

:

MARIA RINI BOLI

 

Seksi - seksi

:

 

 

·         Acara dan Liturgi     :    KRISWANTI BTE LORENTIUS

Koordinator

:

YASINTA INA BORO

 

·   Dokmentasi

Koordinator

:

STHEPANUS KOPNG WITAK

 

Anggota

:

ERNA NIMUNUHO

 

·   Perlengkapan

Koordinator

:

LAURENSIUS KOPONG OLA

 

Anggota

:

PASKALIS ASAN BOLI AMAN

 

·   Konsumsi

Koordinator

:

MATIUS GORAN OLA

 

·     Anggota

:

IBU-IBU PKK

 

Lampiran II

SUSUNAN JADWAL KEGIATAN

Lampiran II

SUSUNAN JADWAL KEGIATAN

NO

HARI/ TANGGAL

WAKTU

JENIS KEGIATAN

PENANGGUNG JAWAB

1.

Sabtu,  02-03-2019

08.00 - 08.30

Ceek In Peserta

Panitia

09.30 - 10.30

Misa Pembukaan

Sie Liturgi

10.30 - 11.00

Acara Pembukaan dan Snack

Sie Acara

11.00-12.00

Materi I

Babinsa Adonara Timur

12.00 - 13.00

Makan siang

Sie Konsumsi

13.00 - 13.30

Istirahat

Panitia

13.30 - 14.00

Outbon

Sie Acara

14.00 - 15.00

Materi II

RD Hendrikus Raya Kleden

15.00-15. 30

Snack

Sie Konsumsi

15.30 -16.00

Outbond

Sie Acara

16.00-17.00

Materi III

Michael Boro Bebe, S.Ag

17.00 -18.00

Rekreasi

Sie Acara

18.00-19.00

Pemenuhan Kebutuhan Pribadi

Panitia

19.00-20.00

Makan Malam

Sie Konsumsi

20.00-22.00

Shering Kitab Suci dan Shering Pengalaman

Sie Liturgi

22.00-23.30

Renungan Malam

Sie Liturgi

23.00

Istirahat Malam

Panitia

2

Minggu, 03-03-2019

06.00 -08.30

Perayaan Ekaristi Hari Minggu

Sie Liturgi

08.30 - 09.30

Sarapan pagi

Sie Konsumsi

09.30 - 10.30

Materi IV

Michael Boro Bebe, S.Ag

10.30 - 11.30

Snack

Sie Konsumsi

11.30 - 12.30

Outbond

Sie Acara

12.30 - 13.30

Istirahat / makan siang

Sie Konsumsi

13.30 - 14.30

Outbond

Sie Acara

14.30 - 15.30

Snack

Sie Konsumsi

15.30 - 16.30

Materi V

RD Hendrikus Raya Kleden

16.30 - 17.30

Urusan pribadi

Semua

17.30 - 18.30

Makan malam

Sie Konsumsi

18.30 - 19.30

Rekreasi dan sayonara……….

Panitia

     

PANITIA PELAKSANA

 
 

Ketua

   

SEKRETARIS

         
 

        ttd

   

                      ttd

         
 

BERNARDUS SILI BOLEN

LUKAS TULI AMA

Lampiran III

ESTIMASI ANGGARAN

Lampiran III

ESTIMASI ANGGARAN

 

LAPORAN KEUANGAN

OMK-KARANG TARUNA "AMAL"

DESA NELELAMADIKE – KEC. ILE BOLENG

UNIT KEGIATAN RETRET

 

NO

HARI/ TANGGAL

URAIAN

PEMASUKAN RP.

TARGET RP.

REALISASI RP.

PENGELUARAN RP.

SALDO RP.

1

28/02/2019

Terima dana APBD Tahun 2017 dari Sie Kemasyarakatan Bidang Pemberdayaan 

  11.840.000

 

 

 

  11.840.000

3

01/03/2019

Sumbangan dari Bp. Kosmas Cidy Ama

    1.000.000

 

 

 

  12.840.000

2

28/02/2019

SEKRETARIAT :

 

        105.000

           77.000

 

 

 

 

Kertas  HVS 1 Rim

 

 

 

           65.000

  12.775.000

 

 

Pulpen 1 buah

 

 

 

             2.000

  12.773.000

 

 

Amplop 10 Buah

 

 

 

           10.000

  12.763.000

 

 

saldo

 

 

 

 

 

4

28/02/2019

 SIE ACARA :

 

    1.250.000

     1.250.000

 

 

 

 

materi I

 

 

 

         250.000

  12.513.000

 

 

materi II

 

 

 

         250.000

  12.263.000

 

 

materi III

 

 

 

         250.000

  12.013.000

 

 

materi IV

 

 

 

         250.000

  11.763.000

 

 

materi V

 

 

 

         250.000

  11.513.000

5

28/02/2019

SIE DOKUMENTASI

 

        250.000

         280.000

 

 

6

 

2 pasang batere alkali

 

 

 

           30.000

  11.483.000

9

 

sewa camera

 

 

 

         250.000

  11.233.000

9

28/03/2019

SIE LITURGI

 

        400.000

         404.000

 

 

10

 

hosti kecil dan besar

 

 

 

           50.000

  11.183.000

11

 

bahan persembahan kacang hijau

 

 

 

           30.000

  11.153.000

12

 

sabun daya

 

 

 

           18.000

  11.135.000

13

 

energen

 

 

 

           26.000

  11.109.000

14

 

1 pasang lilin altar besar

 

 

 

           60.000

  11.049.000

 

 

1 pasang lilin altar kecil

 

 

 

           20.000

  11.029.000

 

 

stipendium misa

 

 

 

         200.000

  10.829.000

15

01/03/2019

SIE DEKORASI

 

        100.000

         442.000

 

 

16

 

doble tape

 

 

 

           30.000

  10.799.000

17

 

3 meter kain untuk latar @Rp.40.000

 

 

 

         120.000

  10.679.000

 

 

5 lembar astron

 

 

 

           20.000

  10.659.000

 

 

transportasi

 

 

 

           20.000

  10.639.000

 

02/03/2019

4 bks rokok surya @Rp.18.000 kios G Mukin

 

 

 

           72.000

  10.567.000

 

 

2 bks rokok LA @Rp.14.000

 

 

 

           28.000

  10.539.000

 

 

1 buah karter

 

 

 

             8.000

  10.531.000

 

 

peniti + benang

 

 

 

             5.000

  10.526.000

 

 

4 liter bensin @Rp.8.000

 

 

 

           32.000

  10.494.000

 

 

1 bks surya 16

 

 

 

           23.000

  10.471.000

 

 

1 bks permen relaksa

 

 

 

           10.000

  10.461.000

 

 

gula+rokok

 

 

 

           30.000

  10.431.000

 

 

gula+rokok

 

 

 

           44.000

  10.387.000

 

01/03/2019

SIE PERLENGKAPAN

 

    3.035.000

     3.069.000

 

 

 

 

Tenda Jadi 6 Buah

 

 

 

     1.200.000

    9.187.000

 

 

Terpal 20 buah

 

 

 

         200.000

    8.987.000

 

 

Generatoe 1 buah

 

 

 

         400.000

    8.587.000

 

 

Balon Lampu

 

 

 

         200.000

    8.387.000

 

 

Sound Sistem

 

 

 

     1.000.000

    7.387.000

 

 

Tali Rafia

 

 

 

           35.000

    7.352.000

 

 

2 bks rokok surya @ Rp. 17.000 kios valen

 

 

 

           34.000

    7.318.000

 

28/03/2019

SIE KONSUMSI

 

    6.200.000

     5.825.000

 

 

 

 

ikan kering 2 kg

 

 

 

         140.000

    7.178.000

 

 

pisang 5 sisir

 

 

 

         100.000

    7.078.000

 

 

bawang merah 1 kg

 

 

 

           28.000

    7.050.000

 

 

bawang putih 1/2 kg

 

 

 

           15.000

    7.035.000

 

 

halia 3 ikat

 

 

 

           10.000

    7.025.000

 

 

masako 2 renteng

 

 

 

           12.000

    7.013.000

 

 

ajinomoto  + lombok

 

 

 

           15.000

    6.998.000

 

 

garam + makan kue-kue

 

 

 

           15.000

    6.983.000

 

 

tomat 1 kg

 

 

 

           15.000

    6.968.000

 

 

transportasi untuk 2 orang

 

 

 

           40.000

    6.928.000

 

 

sewa barang

 

 

 

           30.000

    6.898.000

 

 

belanja dikios murin boleng (terlampir)

 

 

 

     1.202.000

    5.696.000

 

02/03/2019

ikan besar makan siang dan malam

 

 

 

         700.000

    4.996.000

 

 

timun

 

 

 

           20.000

    4.976.000

 

 

kemangi dan limau nipis

 

 

 

           17.000

    4.959.000

 

 

ojek PP

 

 

 

           20.000

    4.939.000

 

 

tepung kompas 10 bungkus

 

 

 

         120.000

    4.819.000

 

 

mantega 1/2 kg

 

 

 

             8.000

    4.811.000

 

 

fernipan 6 bungkus

 

 

 

           30.000

    4.781.000

 

 

minyak tanah 3 liter

 

 

 

           18.000

    4.763.000

 

 

pewarna kue soda SP

 

 

 

           10.000

    4.753.000

 

 

fanili 1 botol + tusuk gigi

 

 

 

           23.000

    4.730.000

 

 

air galon

 

 

 

           10.000

    4.720.000

 

03/03/2019

10 Ekor ayam

 

 

 

     1.000.000

    3.720.000

 

 

air aqua 10 kotak

 

 

 

         300.000

    3.420.000

 

 

kacang tanah 2 kg

 

 

 

           40.000

    3.380.000

 

 

ikan untuk makan malam

 

 

 

         160.000

    3.220.000

 

 

minyak makan lovina

 

 

 

           32.000

    3.188.000

 

 

jas-jus + es batu

 

 

 

             5.000

    3.183.000

 

 

tomat 1 kg

 

 

 

           15.000

    3.168.000

 

 

lombok + limau

 

 

 

           15.000

    3.153.000

 

 

beras makan malam 10 kg

 

 

 

         110.000

    3.043.000

 

 

2 termos nasi

 

 

 

           50.000

    2.993.000

 

 

2 dandan besar

 

 

 

           50.000

    2.943.000

 

 

2 kuali besar

 

 

 

           20.000

    2.923.000

 

 

kayu api 6 ikat

 

 

 

           60.000

    2.863.000

 

 

piring, gelas, sendok makan (suku umakela)

 

 

 

         100.000

    2.763.000

 

04/03/2019

ikan kecil

 

 

 

           20.000

    2.743.000

 

 

serapan pagi untuk orang dapur (dengko coklat 2 renteng, biskuit 2 bungkus, energen 5 bungkus)

 

 

 

           50.000

    2.693.000

 

 

kontribusi mama PKK masak

 

 

 

     1.200.000

    1.493.000

 

 

tak terduga

 

 

 

         105.000

    1.388.000

 

 

TOTAL

  12.840.000

  11.340.000

   11.347.000

   11.452.000

    1.388.000

KETUA PANITIA                                                                                                                                       BENDAHARA

ttd                                                                       &a

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Dusun B Lamanele
Desa : Nelelamadike
Kecamatan : Ile Boleng
Kabupaten : Flores Timur
Kodepos : 86219
Telepon : 081246175941
Email : desalamadike@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:53
    Kemarin:175
    Total Pengunjung:97.386
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.234.210.25
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik Desa


Statistik Wilayah Statistik Pendidikan Statistik Pekerjaan
Statistik Agama Statistik Jenis Kelamin Statistik Umur