Selamat datang di Website Desa Nelelamadike,  Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Semoga media informasi dan komunikasi ini dapat bermanfaat untuk kemajuan desa.  Mari kerja bersama demi kemajuan desa, dalam bingkai Desa Membangun-Kota Menata untuk Nelelamadike yang lebih baik.

Artikel

DISKUSI DAN KONSOLIDASI PERTAMA ANTAR LEMBAGA IDN-VIC DENGAN PEMERINTAH DESA NELELAMADIKE

17 Maret 2019 22:00:34  Administrator  716 Kali Dibaca  Berita Desa

Awam bagi masyarakat Desa Nelelamadike dengan istilah IDN (Indonesian Diaspora Network). Dengan mengikuti dinamika media sosial maupun tatap muka dengan Pak Andre Lebuan (fasilititator Desa Nelelamadike - IDN-VIC) akhirnya istilah Diaspora Indonesia sendiri tidak asing lagi bagi kita. Dari istilah tersebut memiliki arti warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri dan terbagi dalam empat kelompok. Kelompok pertama adalah WNI yang tinggal di luar negeri yakni masih memegang paspor Indonesia secara sah. Kelompok kedua adalah warga Indonesia yang telah menjadi warga negara asing karena proses naturalisasi dan tidak lagi memiliki paspor Indonesia. Sementara bagi warga negara asing yang memiliki orang tua atau leluhur yang berasal dari Indonesia masuk dalam kategori ketiga. Dan kelompok yang terakhir adalah warga negara asing yang tidak memiliki pertalian leluhur dengan Indonesia sama sekali namun memiliki kecintaan yang luar biasa terhadap Indonesia.

Diaspora Indonesia di luar negeri yang berpotensi besar. Sebagai sebuah kekuatan intelektual, diaspora memiliki peran strategis. Diaspora Indonesia di luar negeri terdiri dari para pelajar, profesional, peneliti yang telah lama menggeluti bidangnya. Tidak hanya bekerja, mereka juga terlibat aktif dalam berbagai ujung tombak perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi pada level dunia. IDN memiliki cabang yang tersebar di seluruh dunia dan berperan dalam meningkatkan jaringan/network sesama Diaspora dan memberikan sumbangan berarti bagi Indonesia teristimewa penting dalam meningkatkan kerjasama sesama diaspora dan membantu kemajuan Indonesia.

Konsolidasi Lembaga Pemerintah Desa Nelelamadike. Upaya untuk mengoptimalkan peran diaspora adalah tugas banyak pihak terutama pemerintah. Salah satunya adalah pemerintah yang ada di Kabupaten Flores Timur Kecamatan Ile Boleng, Desa Nelelamadike. Dalam artian bahwa pemerintah Desa Nelelamadike bermitra dengan IDN-VIC. Menurut (Rachmat, 2004:40) “Kemitraan merupakan hubungan kerjasama usaha diberbagai pihak yang strategis, bersifat sukarela, dan berdasar prinsip saling membutuhkan, saling mendukung, dan saling menguntungkan dengan disertai pembinaan.

Dalam konfirmasi antara IDN-VIC melalui PaK Eddie Ridwan, Pak Andre Lebuan, dan n koordinasi bersama Pokja Desa Cerdas Nelelamadike menawarkan Konferensi Pertemuan melalui Skype bersama tim Desa Nelelamadike pada hari Sabtu, 16 Maret 2019, Pkl. 11.30 WITA. Dengan agenda sederhan antara lain :

  1. Perkenalan
  2. Status RPJMDes, RKPDes
  3. Status penerapan OpenSID
  4. 'Brainstorming'- diskusi bebas ide/usul/gagasan kerjasama Desa NL - IDN-VIC membantu Desa Nelelamadike menuju desa cerdas untuk 12 bulan ke depan.
  5. Rangkuman : daftar tugas jangka pendek; pertemuan berikutnya.

Sekalipun pertemuan skype tapi terasa dekat. Pertemuan berlangsung kira-kira 2 jam tersebut ditutup dengan diskusi rencana kerja dan kunjungan IDN-VIC perjalanan dalam 12 bulan ke depan.

Adapun beberapa konsep kegiatan ke depan dalam pertemuan skype antara lain :

  1. Rencana kunjungan Tim IDN-VIC ke Desa Nelelamadike, dengan rencangan acara penjemputan secara budaya lamaholot dengan tarian adat adonara yaitu hedung dan nige, kunjungan tim ke masyarakat untuk melihat rutinitas masyarakat dengan fokus bidik pada kearifan lokal dan hasil komoditi masyarakat setempat.
  2. Adanya pendampingan TKK/PAUD Tim IDN-VIC oleh ibu Rita dan tatap muka dengan guru dan anak-anak TK/PAUD.
  3. Rencana penguatan jaringan untuk kelancaran komunikasi, koordinasi dan konfirmasi kerja.
  4. Dinamika dan sharing desa atas kekurangan air bersih
  5. Pemasaran produk lokal seperti jagung titi dan kacang tanah dengan rancangan dikelola secara maksimal demi penguatan ekonomi masyarakat Desa Nelelamadike.
  6. Rencana pengaadaan alat tenun dan produktifitas hasil tenun
  7. Rencana pengadaan HP android dan laptop yang spesifikasi besar untuk membantu desa dalam pengelolaan data atau administrasi Desa Nelelamadike yang lebih maksimal.

Demikian hasil dinamika pertemuan bersama IDN-VIC dengan harapan dalam konsolidasi ini dapat bermanfaat :

  1. Kerja sama dapat mempererat ikatan persaudaraan. Dengan begitu maka dapat terjalin komunikasi yang baik dimana hal seperti itu bisa menambah rasa persaudaraan.
  2. Kerja sama dapat menumbuhkan semangat persatuan. Dengan bekerja sama maka bisa menumbuhkan rasa semangat persatuan setiap individu yang tergabung dalam tim kerja. Agar setiap kegiatan dalam kelompok kerjasama bisa berjalan secara baik maka harus menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

 

Akhirnya, terima kasih kepada tim IDN-VIC, koordinator Bapak Iwan Wibisono, Pak Eddie Ridwan, dkk juga khusus Pak Andre Lebuan yang sudah memfasilitasi Pemerintah Desa dan Pokja Desa Cerdas Nelelamadike dalam kegiatan-kegiatan kini dan yang akan datang.

 

Herry Wanda
16 September 2019 12:51:54
Mudah2an dengan kedatangan Pak Eddie bersama IDN-VIC ke desa Nelemadike, makin menjadikan desa nelemadike menjadi desa cerdas informasi , desa digital. Untuk kemajuan desa nya.. Kami sebenarnya dari Seknas OpenDesa mau ikut kesana, tapi belum bisa . Salam OpenDesa Herry wanda

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Dusun B Lamanele
Desa : Nelelamadike
Kecamatan : Ile Boleng
Kabupaten : Flores Timur
Kodepos : 86219
Telepon : 081246175941
Email : desalamadike@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:52
    Kemarin:175
    Total Pengunjung:97.385
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.234.210.25
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel