You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Nelelamadike
Desa Nelelamadike

Kec. Ile Boleng, Kab. Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Selamat datang di Website Desa Nelelamadike,  Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Semoga media informasi dan komunikasi ini dapat bermanfaat untuk kemajuan desa.  Mari kerja bersama demi kemajuan desa, dalam bingkai Desa Membangun-Kota Menata untuk Nelelamadike yang lebih baik.

Sejarah Desa

Administrator 15 Februari 2019 Dibaca 4.775 Kali
Sejarah Desa

Asal Desa Nelelamadike, sebelumnya disebut dengan nama Lewo Lamanele. Menurut penutur : asal Lewo Lamanele dari gunung Boleng, yaitu Nelereren dan orang tua yang menempati Lewo pertama adalah : Orang Tua Wurin. Asal Desa Nelelamadike, sebelumnya disebut dengan nama Lewo Lamanele. Menurut penutur : asal Lewo Lamanele dari gunung Boleng, yaitu Nelereren dan orang tua yang menempati Lewo pertama adalah : Orang Tua Wurin. Dari keturunan wurin dan pendatang lain semakin banyak sehingga terbentuk Lewo Lamanele. Setelah perkembangan pemerintahan setiap tahun yang sebelumnya dengan pusat Hamete di Boleng, di Lamanele di pimpin oleh kepala Desa Bapak Kia Uba. Beliau memimpin kira-kira dari tahun 1948 sampai dengan terbentuknya Desa gaya baru pada tahun 1966, dan Desa Lamanele bergabung denga Desa Pukaone, dan akhirnya terbentuk desa gaya baru yang di sebut Desa Neleblolong, yang pimpin oleh kepala desa dari pukaone yaitu, Bapak Andreas Ola Ama selama dua tahun.

Pada tahun 1968 kepala desa di gantikan oleh bapak Aloysius Tupen Nama juga berasal dari Pukaone, dari tahun 1968 sampai dengan tahun 1991. Dan untuk Lamanele dibantu oleh Pamong Desa dan yang pertama kali menjabat adalah Sebastianus Sabon Gua. Dan selanjutnya digantikan oleh Gergorius Gega Bala. Tahun 1991 – 1994 Kepala Desa Neleblolong digantikan oleh Bapak Simon Said Ola dari Lamanele. Sedangkan pamong desa Lamanele digantikan oleh Siprianus Sanak Kian mulai tahun 1997. Pada tahun 1997 – 1999 kampung Lamanele diberi kewenangan untuk mengurus diri sendiri dan membuat permohonan ketingkat Kabupaten untuk di mekarkan. Dan pada tanggal 6 maret 2000 di resmikan oleh bapak Plt. Bupati Flores Timur Drs. L. Mekeng dengan nama Desa Nelelamadike dan kepala Desanya Siprianus Sanak Kian. Dan akhirnya pada Juni 2007 Bapak Siprianus Sanak Kian digantikan oleh Bapak Agustinus Boro Nubi yang dilantik oleh Bapak Bupati Flores Timur Drs. Simon Hayon pada tanggal 26 Juni 2007 dan berakhir pada tanggal 26 Juni 2013. Setelah berakhirnya masa jabatan bapak Agustinus Boro Nubi pada tanggal 26 Juni 2013 Kepala Desa Nelelamadike di pimpin oleh Ibu Theresia Tuto Pati, yang dilantik pada tanggal  20 Oktober 2013 oleh Bapak camat Ile Boleng Kia Sanga Fransiskus dan masa jabatannya akan berakhir pada tanggal 20 oktober 2019.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image